Apple Bersedia Bayar Lisensi Paten kepada Nokia


Di tengah tekanan keuangan, Nokia dapat suntikan pemasukan baru. Apple yang selama ini sering berselisih dalam masalah hak paten akhirnya bersedia membayar lisensi kepada Nokia.

Kesepakatan tersebut diumumkan pada Selasa (14/6/2011). Dalam pernyataan resmi yang diterima Kompas.com dari Nokia, kedua pihak bersepakat untuk mengakhiri seluruh perselisihan paten dan akan menarik semua gugatannya di pengadilan.

Apple tidak hanya bersedia membayarkan nilai tertentu kepada Nokia dalam satu kali pembayaran, tetapi juga membayar royalti yang sedang berjalan. Namun, nilai yang disepakati dan jenis paten tidak diungkapkan.

"Kami sangat senang, Apple menggunakan lisensi Nokia. Perjanjian ini menunjukkan kepemimpinan portofolio paten Nokia di industri dan membuat kami fokus kepada peluang lisensi berikutnya di pasar komunikasi bergerak," kata Stephen Elop, Presiden dan CEO Nokia, dalam pernyataannya.

Saat ini, Nokia termasuk pemegang paten teknologi paling banyak di industri telekomunikasi dengan lebih dari 10.000 paten. Selama dua dekade terakhir, Nokia menggelontorkan dana sekitar 43 miliar dollar AS untuk riset dan pengembangan teknologi.

Nokia berharap kesepakatan dengan Apple memberikan dampak positif terhadap keuangan Nokia. Pekan lalu, Nokia mendapat tekanan besar dengan merevisi target pendapatan kuartal kedua sehingga nilai sahamnya sampai turun ke nilai terendah sepanjang sejarah.